Siapin dulu Bahan Untuk belajar Arduino biar gampang

belajarrobot: Saya rasa sudah banyak ya mendengar tentang arduino, hehe kali ini saya akan siapkan alat-alat dan bahan buat belajar arduino biar lebih gampang dan gak bingung. yang belum tau apa arduino yowes sekarang tak jelasin sedikit pengetahuan tentang arduino biar gak salah kaprah dan gak salah pemahaman ya.
Arduino sebenarnya sebuah sistem bootloader yang di tanamkan pada sebuah mikrokontrollerl sehingga dapat diakses atau di program menjadi lebih mudah. nah arduino ini juga memiliki program sendiri loh yaitu menggunakan bahasa pemrograman C dan terdapat banyak sekali library program di dalamnya yang dapat kita akses sesuai dengan kemampuan mikrokontroller pada arduino tersebut.

Arduino memiliki beberapa type atau jenis yang bisa kamu lihat lebih lengkap di arduino.cc, dan setiap type memiliki kemampuan yang berbeda beda memiliki nama yang unik seperti berikut ini:

  • Arduino Uno
  • Arduino Leonardo
  • Arduino Due
  • Arduino Yún
  • Arduino Tre
  • Arduino Micro
  • Arduino Robot
  • Arduino Esplora
  • Arduino Mega ADK
  • Arduino Mega 2560
  • Arduino Mini
  • LilyPad Arduino USB
  • LilyPad Arduino Simple
  • LilyPad Arduino SimpleSnap
  • LilyPad Arduino
  • Arduino Nano
  • Arduino Pro Mini
  • Arduino Pro
  • Arduino Fio

kalau saya sih menggunakan arduino Leonardo, alasannya saya suka dengan namanya yang unik dan saya melihat boardnya sedikit unik karena tidak menggunakan ic converter USB to serial, dan ternyata komponen tersebut sudah menjadi satu dengan mikrokontroller yang digunakan ATmega32u4 dengan Flash Memory 32 KB dan SRAM sebesar 2.5 KB terdapat juga eeprom yang besarnya 1 KB serta Clock Speed speed nya 16 MHz, hehe udah cukup memadai lah buat belajar.

Apa saja yang perlu kamu persiapkan untuk belajar arduino lebih mudah biar cepet bisa dan lebih gampang belajarnya, dalam memulai belajar arduino ini yang saya siapkan adalah Buku penunjang belajar biar gak perlu repot lagi cari tutorial, namun kalau kamu mau belajar arduino saya akan posting setiap saat tentang yang saya pelajari disini dan kamu dapat LIKE FB http://facebook.com/belajarrobot saya ya biar tau update artikel dan tutorial terbaru dari belajar robot. yang selanjutnya adalah Board arduino yaitu yang saya miliki type arduino Leonardo, siapkan juga bredboard dan kabel jumper. serta komponen lain seperti resistor, transistor, sensor, LCD, Motor DC sebagai penunjang belajar kedepannya. tunggu dulu sebelum kamu lanjut belajar nih kamu juga bisa dapetin bukunya order online di belajar robot juga bisa nih bisa contact saya langsung di- 087899227411 atau kamu bisa PM melalui FB saya ya. berikut ini komponen yang saya siapkan:

board arduino leonardo
board arduino leonardo

breadboard kit dan kabel jumper
breadboard kit dan kabel jumper

buku panduan praktis arduino
buku panduan praktis arduino
dan yang paling penting satu lagi nih, yaitu program nya yaitu Arduino IDE, kalau gak ada programnya kan gak bisa lanjut belajar, jadi harus download dulu program Arduino IDE di http://arduino.cc/en/Main/Software dan bisa pilih yang update terbaru nya, saat artikel ini di buat arduino IDE sekarang sudah release Arduino 1.0.5 dan pilih sesuai dengan OS komputer kamu yang sesuai seperti windows atau ubuntu atau juga mac dan seperti inilah tampilan dari program IDE tersebut.

program arduino IDE
program arduino IDE
Itulah yang saya siapkan untuk keperluan belajar arduino, dan untuk artikel selanjutnya saya akan bahas secara teknis tentang pemrograman arduino.

Kamu SUKA Artikel ini?
Siapin dulu Bahan Untuk belajar Arduino biar gampang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya