Cara Membuat PowerBank Sendiri Dengan Mudah

Kalau Membuat PowerBank Sendiri yang jauh lebih murah mengapa harus beli yang mahal. dengan rangkaian yang sangat sederhana mampu membuat hp anda bisa terus hidup hingga berhari hari. Kali ini saya akan memberikan pengalaman mas "Anton Widarmono" dari salah satu admin Grup Robot Indonesia yang sudah membuat PowerBank Sendiri.


sekema Rangkaian PowerBank

Lihat gambar berikut, rangkaian ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa komponen saja


Komponen untuk membuat PowerBank

Batery : Batery merupakan komponen utama dalam pembuatan powerbank karena Batery inilah peran utamanya yaitu sebagai penyimpan daya, dalam kasus ini kita gunakan batery LI-ION 3,7v dua buah yang di rangkai secara seri sehingga menghasilkan tegangan 7,4v. Batery jenis ini biasa digunakan untuk senter army yang memiliki kapasitas arus yang cukup besar.
Regulator : ic regulator 7805 untuk penyetabil tegangan 5v yang di kombinasikan dengan komponen lainnya seperti terlihat pada sekema, hal ini sangat di perlukan supaya hp tidak rusak karena kelebihan tegangan.



Cara Membuat PowerBank

Siapa 2buah batery dan rakitlah secara seri, anda dapat mengemas batery secara berdampingan dan mengikatnya dengan isolasi secara rapat atau dengan pembungkus lain seperti terlihat pada gambar di atas.
merakit komponen yang lebih praktis dapat menggunakan PCB berlubang saja tanpa harus membuat layout nya.
setelah semua bahan dan komponen sudah di rakit jangan lupa charger batery terlebih dahulu hingga penuh sehingga dapat di gunakan sebagai powerbank untuk perangakat komunikasi anda hp, gadget, BB dan lainnya.
Kamu SUKA Artikel ini?
Cara Membuat PowerBank Sendiri Dengan Mudah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mrpujar

17 comments:

  1. Maaf sob kalo baterai di rakit seri, bukanya voltase tetap, tapi ampere naik.
    Kalo pararel baru jadi tambah.
    Seri= positif+fositif dan negatif + negatif.

    Pararel=positif negatip+fositip negatip.
    Ia ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalik bro
      seri = + ke - jadi volt tambah arus tetap
      kalo paralel + ke + volt tetap arus tambah coba tanya mbah dulu

      Delete
  2. hehe,, kalau batery nya di rakit secara seri voltasenya yang akan bertambah
    misal : 2buah batery dan masing masing voltasenya 3,7volt maka tegangan totalnya menjadi 7,4volt koneksi nya seperti ini -batery+ -batery+

    namun kalau di rakit secara paralel maka ampere nya yang akan di jumblahkan dan voltasenya , misa 2buah batery 3,7volt dengan arus 1Ampere
    maka arus = 1x2 = 2 ampere dan tegangan 3,7volt
    cara merakit

    -batery+
    -batery+


    paralel = arus nya yang di jumlahkan
    seri = voltasenya yang di jumlah

    maaf punya sampean itu pernyataannya kebalik,,hehe

    ReplyDelete
  3. cnd itu pada skema difungsikan sebagai apa mz? hrz 2805? klo icnya bkn itu gmn?

    ReplyDelete
  4. itu bukan cnd tapi GND atau sama dengan negativ
    dan yang benar 7805 bukan 2805, itu berfungsi sebagai regulator pensetabil tegangan menjadi 5v, karena batery nya lebih dari 5v maka harus menggunakan regulator 5v karena yang butuhkan hp kurang lebih 3,7-5v

    ReplyDelete
  5. rangkain tersebut dah langsung bisa buat charge powerbanknya sendiri gan...... pa kalo daya PB abis cas baterainya harus dilepas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yang ini belum di lengkapi untuk charger,, jadi kalau batery abis harus di lepas untuk cas batery nya.

      Delete
  6. berrti batre utk powerbankny kalo habis diisi dlu dong atau harus dilepas y utk dcharge dlu. krna sy liat nih kayaknya sekali pake z, maaf kalo salah

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalau abis batery di lepas dan di cas sendiri mas

      Delete
  7. mantep blog nya gan...
    ngomong ngomong mau tanyak? selain menggunakan ic 7805 bisa gak guna ic lain semisal 7806. dan kalau boleh jelaskan lebih detail lagi, baterai apa saja yang bisa digunakan, terus kalau ngecas powerbank nya gimana ... maaf banyak tanya masi newbie di elektro.


    o iya jangan lupa mampir ya di : pecandunikotin.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. 7805 untuk pensetabil tegangan suplay supaya tidak lebih dari 5V,, kalau lebih hpnya bisa rusak karena rata-rata hp sumberdaya max 5v.

      batery charger AA juga bisa tapi perlu 4buah,, 1,5v x 4 = 6v
      kalau batery ultrafire atau litium perlu 2buah,, 3,7 x 2 = 7,5v

      dengan adanya 7805 maka suplay tegangan di batasi hanya 5v saja untuk charger HP nya.

      untuk ngecas powerbanknya batery nya di lepas dan di cas sesuai dengan type batery yang di gunakan.

      Delete
  8. Gan kalo voltase batrai 1,2 gan gmn? Apa bisa digunakan? Misal 4x1,2=4,8
    Apa masih mnggunakan ic 7805....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo voltase 1,2V berarti butuh 5 baterai, sehingga 1,2x5 = 6V.
      Kemudian ditambah IC 7805 untuk menurunkan tegangan menjadi 5V.

      Sebenarnya tidak apa-apa hanya 4,8V, tetapi ditakutkan nanti durasi penchargerannya menjadi lebih lama.

      Delete
  9. mas kalau ngecharge battery-nya pakek tegangan & arus berapa??
    mohon pencerahannya terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk mencharge baterainya, kita hanya perlu menggunakan charger bawaan handphone Anda, karena outputnya udah 5V, sementara baterai pada PB kita hanya 3,7V.

      Kunci utama untuk melakukan charge pada baterai yaitu, output pada alat charger harus lebih besar dari baterai, tetapi jangan terlalu berjauhan, dan juga jangan terlalu berdekatan (kira-kira antara 3,7V dan 5V)

      Delete
  10. Pake mesin dompeng aja om

    ReplyDelete

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya