Macam Macam Rangkaian Power Supply

Macam Macam Rangkaian Power Supply - Pada kesempatan ini saya akan memberikan sedikit refrensi tentang rankaian power suplay. Power suplay umnya di gunakan untuk memberikan tegangan catu pada peralatan tertentu yang membutuhkan sumber daya listrik yang sesuai dengan tegangan serta arus yang di perlukan oleh peralatan.

Untuk membuat power suplay dengan tegangan statik misal nya 5v, 9v, 12v, 15v, dan 24v dapat menggunakan ic regulator dengan seri 78xx dengan bentuk fisik seperti gambar ic regulator 7805 yaitu untuk setabil tegangan 5v berikut:
Rangkaian Power Supply

Untuk dapat menjadikan sebuah powersuppy maka dapat menggunakan rangkaian yang sudah di rancang seperti pada gambar di bawah. untuk menyesuaikan tegangan yang anda perlukan yaitu cukup mengganti ic regulator LM7805 sesuai dengan yang anda perlukan seperti yang sudah saya jelaskan seri regulator nya.
Rangkaian Power SupplyRangkaian Power Supply

Rangkaian Power Supply 5volt 5A

Rangkaian di atas hanya dapat mensuplay arus yang sangat kecil yaitu sekitar 1-2A, untuk membuat power supply dengan arus yang besar pada tegangan setabil 5v maka dapat menggunakan rangkaian power supplay yang sudah di tambahkan sebuah transistor penguat arus MJ2955 yang dapat mensupply arus sebesar 5A.
Rangkaian Power Supply

Mungkin kamu akan sedikit bertanya dengan perbedaan rangkain di bawah ini. Rangkaian ini merupakan power supply dual voltage yaitu memiliki tegangan negativ , kemudian nol volt atau bisa di katakan sebagai ground dan tegangan positif.
Rangkaian Power Supply

Disini ada perbedaan seri regulator yang digunakan untuk tegangan negativ yaitu menggunakan ic regulator dengan seri 79xx, pada kasus kali ini menggunakan 7805 untuk tegangan positiv +5v dan 7905 untuk tegangan negativ -5vol
Rangkaian Power Supply

Rangkaian Power Supply Untuk Tegangan Yang dapat Diatur

Power supply dinamis yaitu dapat di atur tegangan keluarnya dengan menggunakan potensio meter, dengan regulator ic LM317 maka tegangan output dapat di set dengan mengatur besarnya tegangan yang diberikan pada pin ADJ yang berfungsi untuk mengatur besar kecilnya yang di hasilkan, berikut adalah rangkaian power supply yang dapat di terapkan untuk IC LM317 yang disertai rumus untuk menentukan tegangan outputnya.
Rangkaian Power Supply

Rangkaian Power Supply

Kamu SUKA Artikel ini?
Macam Macam Rangkaian Power Supply Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya