Sensor tekanan yang biasa di gunakan

Belajar robot: Untuk dapat mengetahui tekanan udara secara automatis maka sensor tekanan memiliki peranan penting untuk melakukan pengontrollan. sensor tekanan adalah sebuah sensor yang dapat mendeteksi tekanan udara, tekanan gas, tekanan air dan dapat di terapkan untuk mendeteksi tekanan ban.

Aplikasi penggunaan sensor tekanan yang pernah saya terapkan adalah untuk mendeteksi tekanan udara pada kontes muatan roket indonesia yang mana menjadi salah satu point penting dalam pengumpulan data tekanan udara di atas ketinggian hingga 100m.

Sensor Tekanan MPX2050GP menjadi pilihan saya saat itu yang dapat dikompensasi Lebih dari 0 derajat Celcius sampai 85 derajat celcius memiliki Unik Silicon Tegangan Geser Strain Gauge dan Mudah Digunakan dengan Pilihan Chip bawaan Paket. sensor ini juga terdapat Diferensial dan Gauge Pilihan, ratiometric untuk Supply Voltage dan besar nya Linearitas berkisar ± 0,25%.
ini adalah bentuk dari sensor tekanan yang saya gunakan untuk muatan roket.
sensor tekanan mpx2050
sensor tekanan MPX2050
Susunan PIN MPX2050:
1. GND
2. +Vout
3. VCC
4. -Vout

Sebagai alternatif lain dapat juga menggunakan seri Sensor Tekanan MPX4100 yang juga terbilang sangat handal, selain dapat mengukur tekanan udara, MPX4100 merupakan sensor yang direkomendasikan untuk mesin otomotif dengan aplikasi sebagai sensor tekanan bensin atau bahan bakar minyak. hanya memiliki 1,8% Kesalahan maksimum Lebih dari 0 derajat celcius hingga 85 derajat celcius yang Secara khusus Dirancang untuk Intake Manifold Tekanan Mutlak Sensing di Mesin Sistem Pengendalian yang sangat Ideal cocok untuk Microprocessor, Interfacing atau Sistem Berbasis Mikrokontroler. Dengan Suhu yang dikompensasi Lebih -40 derajat celcius sampai 125 derajat celcius.
Berikut ini adalah gambar dari komponen Sensor Tekanan MPX4100:
Sensor Tekanan MPX4100
Sensor Tekanan MPX4100
Susunan PIN MPX4100:
1. V out
2. GND
3. VCC
4. V1
5. V2
6. V EX
diagram blok sensor tekanan MPX4100
diagram blok sensor tekanan MPX4100
Dan ini adalah beberapa bentuk lain dari seri MPX4100
beberapa bentuk dari sensor tekanan seri MPX4100
beberapa bentuk dari sensor tekanan seri MPX4100
Itulah yang dapat saya sampaikan dari pengalaman sewaktu mengikuti kontes muatan roket indonesia semoga bermanfaat untuk project anda.
Kamu SUKA Artikel ini?
Sensor tekanan yang biasa di gunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya