Cara membuat sendiri rangkaian lampu led 12volt

belajarrobot: Cara membuat sendiri rangkaian lampu led 12volt - Sesuai kebutuhan dan keperluan dalam penerapannya lampu led sangat praktis sekali untuk di modifikasi dan di rangkai, dalam praktek lai ini saya akan membuat dan merangkai lampu led dengan tegangan 12 volt. Rangkaian led model 12volt ini sangat banyak dan bisa digunakan untuk modifikasi penerangan kendaraan baik itu mobil ataupun motor, karena kendaraan lebih banyak menggunakan sumberdaya aki 12volt maka kita juga harus membuat lampu yang dapat menyala dengan tegangan 12volt.

led warna super bright
led warna super bright
Dalam kondisi tertentu kita juga harus memilih jenis led nya, untuk penerangan modifikasi lampu depan harus menggunakan led superbright yang menyala putih terang, sedang untuk lampu belakang atau rem sebaik nya menggunakan lampu led yang berwarna merah biasa, mengapa kita harus menggunakan lampu led untuk bagis belakang kita gunakan led yang biasa saja, keran demi keselamatan berkendara agar pengendara yang berada di belakang kita tidak terlalu silau oleh terangnya lampu led motor kita.

lampu led aksesoris motor
lampu led aksesoris untuk motor
sumber: toplampuled.com
Led warna biru terang juga sangat begitu cantik ketika kita terapkan untuk memodifikasi kendaraan, perlu minimal 5buah led agar nyalanya terang, dapat di pasang seri ataupun paralel, nanti kita akan buat bersama dengan rangkaian yang saya buat. Dengan memasang lampu led warna biru di bagian bawah kendaraan akan membrikan nuansa mewah dan glamor pada kendaraan dimalam hari, dan sekarang juga sudah banyak memodifikasi lampu motor dan mobil dengan desain mata kucing menggunakan led yang di rangkai pada PCB sehingga dapat dengan pas di letakkan di wadah lampunya. Berikut ini adalah skema rangkaian lampu led 12v.

skema rangkaian lampu led 12v
skema rangkaian lampu led 12v
Dengan mebuat rangkaian seri seperti ini akan memudahkan kita dalam merangkaianya, kita juga dapat menambahkan lebih banyak led lagi yaitu dengan membuatnya menjadi rangkaian seri dan paralel, dan kita akan menambahkannya pada baris paralel dengan 3buah led seri dan 1 resistor.

rangkaian lampu led seri paralel
rangkaian lampu led seri paralel
cara merangkai lampu led secara seri
cara merangkai lampu led secara seri
Beginilah cara merangkai led yang lebih sederhana, namun jika kamu mampu membuat desain PCB kamu dapat membuat desain sesuka hati dengan model yang lebih menarik tentunya. Kamu dapat menggunakan led kisaran 40-330 ohm , sebaiak nya gunakan resistor yang tersedia di pasaran biasanya adalah 47, 56, 68, 72, 100, 120, 150, 220, 270 , 330, 470 nilai tersebut lah yang banyak tersedia di pasaran, saran saya gunakan resistor yang 100 ohm saja supaya hasil nyala led terang dan tidak mudah putus.
Kamu SUKA Artikel ini?
Cara membuat sendiri rangkaian lampu led 12volt Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya