Cara membuat pcb sendiri dengan kualitas terbaik

belajarrobot: cara membuat pcb sendiri dengan kualitas terbaik - Untuk membuat pcb dengan hasil berkualitas baik secara hand made memang tergolong cukup sulit, namun hal tersebut mudah saja saya lakukan. Cara membuat papan pcb yang saya lakukan hanyalah menggunakan teknik toner transfer dengan proses yang jauh lebih mudah saya lakukan dari praktek membuat pcb menggunakan toner transfer dengan menggunkan kertas kalender ataupun kertas glosi photo.

Dari banyak percobaan dan saran dari beberapa teman pun saya bisa membuat pcb sendiri yang hasilnya gak kalah bagus dengan buatan pabrik. salah satu teman saya memberikan ilmunya dalam membuat pcb hand made yang berkualitas yaitu maker hand made perangkat elektronika robotika saking bali mas "duwi arsana", saya pun sampai sekarang masih terkesima dengan hasil desain pcb yang keren keren miliknya dan sekarang pun beliau semakin memperbaiki kualitas pcb secara profesional dengan kualitas pabrikan.

hasil membuat pcb sendiri dengan kualitas bagus
hasil membuat pcb sendiri dengan kualitas bagus
Walau sudah banyak jasa pencetak pcb pabrikan dengan kualitas terbaik namun untuk pcb hand made pun juga masih banyak dibuat untuk keperluan lomba dan research peralatan robotika khususnya, karena tidak semua perlombaan robotika yang memperbolehkan pesertanya menggunakan komponen kit pabrikan, jadi dengan itulah saya membuat artikel ini untuk membatu memberikan sedikit pengalaman saya dalam membuat pcb sendiri yang berkaalitas. baiklah sekarang kita mulai praktek dengan membuat layout terlebih dahulu.
<!-- adsense -->

cara mudah membuat layout pcb

Desain layout pcb menggunakan program desainer pcb yang kamu kuasai, bisa menggunakan software Fritzing, diptrace, protel, eagel atau altium. dalam praktek ini saya menggambar pcb menggunakan software pcb desainer diptrace karena tergolong mudah dan saya sangat familiar dengan software tersebut. buat lah desain pcb secara detail dan jangan lupa label serta code komponen pun juga harus detail dan jangan sampai lupa posisi label sebagai silk atau sebagai masking, namun untuk text saya set sebagai silk. dan jika ingin text nya di cetak di tembaga pcbanya maka text nya diseting sebagai bottom signal.

membuat text di pcb
membuat text di pcb
desain pcb menggunakan diptrace
desain pcb menggunakan diptrace
Setelah selesai desain kemudian print pcb menjadi 2, yang pertama adalah bagian layout, dan yang kedua adalah bagian tampak atas nya yaitu tataletak komponen di print dengan mode miror, jangan sampai lupa ya tampak atasnya di print secara miror. untuk hasil pcb yang berkulaitas gunakan kertas toner trasfer pcb berwarna kuning dengan gambar atau merek camel. kertas ini adalah seperti bekas stiker yang permukaannya licin namun untuk merek camel ini kertasnya lebih tebal dan printernya yang cocok untuk mencetak pcb pada kertas tersebut adalah printer laser canon LBP6000.

hasil print menggunakan kertas pcb toner transfer
hasil print menggunakan kertas pcb toner transfer
Dari hasil percobaan priter type lain tintanya tidak dapat menempel secara sempuna pada kertas tonertrasfer pcb tersebut.

cara membuat papan pcb

Langkah berikutnya adalah bagaimana cara membuat papan pcb dengan mudah cepat dan berkualitas, Siap kan pcb yang masih baru kemudian amplas dahulu menggunakan amplas tipe 1000-2000 yang halus menggunakan air karena amplas yang digunakan adalah halus maka harus menggunakan air supaya amplas awet tajamnya.

Sebelum melakukan strika pcb keringkan dahulu, kemudian mulailah melakukan toner transfer menggunakan strika tempelkan kertas pada pcb yang sudah di amplas dan kering, pastikan bahwa strika cukup panas, karena jika strika tidak terlalu panas maka tinta pada kertas yang sudah diprint tersebut tidak dapat menempel secara sempurna pada pcb dan jangan terlalu lama menyetrika pcbnya ya nanti tintanya luber. Setelah proses strika selesai kamu hanya cukup menunggu sejenak sampai pcb dingin dan kamu tidak perlu repot lagi membersihkan kertas yang menempel seperti saat kamu menggunakan kertas kalender atau kertas glosi poto, karena kertas toner transfer tersebut akan lepas dengan sendirinya dengan hasil yang sangat bagus sekali tinta menmpel pada pcb dengan sempurna, jika tinta masih ada yang putus atau kurang bagus kamu dapat menghapusnya menggunakan tiner dan lakukan proses toner transfer kembali, karena dengan sering mencoba kamu akan tau ukuran panas strika dan lama proses toner transfer yang pas secara insting.

hasil pcb setalh proses toner transfer/strike

cara melarutkan pcb

Pelarutan pcb akan sangat lebih aman gunakan saja fericlorida (fecl3) walau proses etchange pcb membutuhkan waktu lebih lama yaitu kisaran 10-30 menit namun juga menghasilkan kualitas pcb yang juga sangat bagus dan jangan lupa membersihkan sisa fericlorida setelah selesai melarutkan pcbnya menggunakan sabun agar tidak terjadi asam/korosi pada tembaga pcb yang sudah jadi tersebut, setelah dicuci bersih barulah bersihkanlah tintanya menggunakan tiner atau pembersih tintan sejenis dan kamu sudah berhasil membuat PCB dengan kualitas yang sangat bagus.
kamu juga dapat menggunakan HCL+H2O2+air untuk melarutkan pcb dengan proses sangat cepat kurang dari 5 menit dengan komposisi 1:2:2, namun bahan tersebut susah didapat dan cukup mahal dan juga menurut saya lebih berbahaya karena terdapat gas yang sangat menyengat saat proses pelarutan pcb menggunakan hcl tersebut.

Alat dan bahan membuat papan pcb

  1. software : Diptrace
  2. PCB fiber (untuk hasil yang lebih berkualitas baik)
  3. kertas toner transfer pcb kuning merk camel (kertas alas stiker)
  4. printer laser canon LBP-6000
  5. pelarut pcb fericlorida (fecl3)
Kamu SUKA Artikel ini?
Cara membuat pcb sendiri dengan kualitas terbaik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya