Cara membuat lampu led sederhana dengan USB

BelajarRobot: Cara membuat lampu led sederhana dengan USB - hanya dengan beberapa led dan komponen sederhana saja kita dapat membuat sebuah lampu led yang keren. beberapa tahun lalu led masih belum sepopular sekarang, dulu led hanya di gunakan sebagai lampu hias dan indikator peralatan listrik saja. Dengan konsumsi sumber daya listrik yang sangat kecil akan sangat menghemat listrik sehingga sekarang ini banyak inofasi lampu led uantuk rumahan pengganti lampu bohlap / lampu pijar sehingga dapat menghemat listrik hingga 80% untuk penerangan di rumah anda.


Selain itu led juga banyak digunakan sebagai lampu emergensi saat mati listrik di malam hari kerana konsumsi sumber daya yang kecil maka sangat cocok sekali sehingga batery dapat bertahan lama. Seperti yang akan saya bahas pada pertemuan kali ini, saya akan membuat sebuah lampu led sederhana menggunakan usb sehingga anda dapat menyalakan lampu led tersebut menggunakan power bank.

Komponen yang perlu disiapkan untuk membuat lampu LED

  • LED - saya membelinya di toko elektronika 6 buah led super bright warna bening/clear dan nyala putih terang ukuran 5mm. led ini akan memberikan pancaran cahaya yang sangat terang, ingat jangan salah memilih membelinya, karena led clear juga ada yang nyala biru,merah,hijau dan anda harus memilih yang nyala putih.
  • LED holders - berfungsi sebagai tempat rumahan led sehingga led dapat di pasang dengan mudah dan terlihat rapi.
  • RESISTOR - gunakan resistor kecil ukuran 1/2 watt 12ohm saja atau yang mendekati nilai tersebut bisa 10ohm atau 22ohm.
  • SAKLAR - komponen ini berfungsi untuk menyalakan dan mematikan lampu led, anda dapat tidak menggunakannya.
  • KABEL USB - sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah usbnya saja, saya membeli kabel extention usb yang panjang 1m atau kamu dapat menggunakan kabel usb printer atau kabel data usb hanphone anda yang sudah tidak terpakai.
  • PIPA PENUTUP JALUR KABEL - pernahkah kamu melihat pipa semacam ini, ini adalah pipa yang sering digunakan untuk instalasi listrik atau jaringan dan fungsinya untuk jalur kabel yang dapat anda beli di toko listrik atau toko bangunan erdekat dikota anda.

 komponen lampu led
komponen lampu led

Cara merakit lampu led usb

Siapkan PIPA KABEL sepanjang 30cm atau anda dapat membuat panjang sesuai selera, tandai pipa tersebut dengan jarak 4cm sebanyak 6 buah yang berfungsi untuk menempatkan led dan tambahkan satu buah untuk saklar, kemudian lubangi sebesar 8mm sehingga LED HOLDER bisa kita pasang pada lubang tersebut secara rapi untuk meletakkan led 5mm di dalamnya.
pipa tempat lampu led
pipa tempat lampu led

jangan lupa memberikan 2 buah lubang pada penutup belakang pipa guna untuk memsang mur untuk menempatkan lampu led anda nantinya.

Sebelum melakukan penyolderan komponen, hal pertama yang perlu anda tahu adalah seberapa panjang kaki led yang kita perlukan, kamu harus menyesuaikannya dengan led holder sehingga panjang kaki komponen tidak berlebihan dan tidak kurang.
led holder
led holder

Saatnya melakukan penyolderan komponen, apakah kamu sudah mengatahui polaritas dari pada led? kamu harus tahu kutup positif(+) dan kutup negatif(-) jangan sampai salah dan terbalik saat memasangnya.
polaritas led
polaritas led

Sekarang kamu dapat memasangnya secara paralel sebanyak 6led dan kemudian diseri dengan 1buah resistor dan jangan lupa untuk memasang saklarnya, jarak antara led juga harus anda perhatikan karena harus sesuai dengan jarak lubang yang sudah dibuat pada pipa.
rankaian lampu led sederhana
rangkaian led sederhana

Perhatikan pemasangan kabel berikut ini, setelah led di rangka secara paralel langkah selanjutnya adalah memasang 1buah resistor secara seri terhadap led pada kutup negatif dan kabel negatif (identik warna hitam) sedangkan kutup positif led kita sambungkan saklar di antara led dan kabel positif (identik warna merah). jika kamu menggunakan kabel usb maka di dalamnya terdapat 4 buah kabel dan kamu hanya memerlukan 2 kabel positif warna merah dan kabel negatif warna hitam.
kabel usb
kabel usb

pemasangan kabel, saklar dan resisto
pemasangan kabel, saklar dan resistor

Langkah terakhir membuat lampu led sederhana ini adalah meletakkan led yang sudah di rangkai pada rumahan yaitu pipa yang sudah kita lubangi tadi secara rapi dan tutuplah bagian belakang pipa.
pasang led pada rumahan pipa
pasang led pada rumahan pipa

anda dapat menggunakan sumberdaya listrik dengan menggunakan power bank dan siap dinyalakan hanya dengan measangkan kabel usb ke power bank, berguna untuk penerangan saat mati listrik dan andapun hanya memerlukan powerbank sebagai sumber litriknya yang mudah sekali di charger.
pasang kabel usb pada power bank
pasang kabel usb pada power bank
lampu led menyala, siap di gunaka
lampu led menyala, siap di gunakan

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk temen-temen yang sedang ingin membuat lampu led yang murah, mudah dan sederhana.
Kamu SUKA Artikel ini?
Cara membuat lampu led sederhana dengan USB Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mrpujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya