Memprogram arduino bluetooth hc 05 kendali Android

Belajarrobot: Memprogram arduino bluetooth hc 05 kendali Android - Saya menggunakan modul arduino leonardo original yang pernah saya beli dari oko online Famoza Studio. Saya memilih arduino yang original buatan italia oleh arduino.cc harganya sangat mahal dan saya sangat puas dan bangga menggunakannya di banding dengan arduino Uno R3 KW yang harganya cukup murah. Namun tak mengapa jika kamu mengunakannya untuk belajar performa nya juga gak kalah sama yang originall.

Dalam artikl kali ini saya akan bahas tentang modul Bluetooth yang diakses menggunakan arduino, saya menggunakan modul bluetooth HC-05 dan kamu juga dapat menggunakan HC-06 karena Pin dan cara koneksinya sama yaitu menggunakan komunikasi serial sebagai komunikasi data. saya membeli bluetooth modul di jogja robotika yang menurut saya harganya masih sangat terjangkau.

Berikut ini skema rangkaian hc 05 bluetooth module arduino mengendalikan led 8 buah yang akan saya kontrol menggunakan aplikasi android, untuk dapat mengendalikan mematikan dan menghidupkan lampu menggunakan android kamu dapat menambahkan modul relay, komunikasi serial yang saya gunakan untuk mengakses bluetooth saya gunakan serial library arduino dengan menggunakan PIN10 sebagai RX yang terkoneksi ke TX HC05 dan PIN11 sebagai TX yang terkoneksi ke RX HC05.
skema hc 05 bluetooth module arduino
skema hc 05 bluetooth module arduino

Arduino bluetooth hc 05 android

Aplikasi android yang dapat digunakan untuk mengotrol arduino mengunakan modul bluetooth sudah tersedia sangat banyak sekali, namu dalam pengujian kali ini saya menggunakan aplikasi Bluetooth Control Lamp buatan saya sendiri yang sudah saya share dan dapat kamu download DISINI tersedia di playstore yang sudah saya sediakan code program hc 05 untuk arduino dan cvavr untuk avr atmega 16 sudah terdapat dalam aplikasi tersebut dan dapat kamu download. Aplikasi ini dapat mengontrol 8 lampu dengan menambahkan modul relay 8 channel sebagai koneksi tegangan tinggi 220v.

Playstore: Bluetooth Control Lamp

Code Program Bluetooth hc 05 arduino

//Arduino project created by: pujar
//www.mutekla.com
//Apk Android remote controll suport this project, download on Playstore:
//Bluetooth Controll Lamp.apk
//https://play.google.com/store/apps/details?id=dev.merahkemarun.btcontrolllamp

/*
Lamp 1 connected to PinOut 2 Arduino
Lamp 2 connected to PinOut 3 Arduino
Lamp 3 connected to PinOut 4 Arduino
Lamp 4 connected to PinOut 5 Arduino
Lamp 5 connected to PinOut 6 Arduino
Lamp 6 connected to PinOut 7 Arduino
Lamp 7 connected to PinOut 8 Arduino
Lamp 8 connected to PinOut 9 Arduino
--->you can connected to relay modul 8 channel

Serial data sending from Bluetooth Controll Lamp.apk
data '1'-'8' to on is lamp 1-8
data 'A'-'H' to off is lamp 1-8
data '8' to on ALL is lamp
data 'I' to off ALL is lamp
*/

#include <SoftwareSerial.h>
SoftwareSerial mySerial(10, 11); //Pin10 RX , Pin 11 TX connected to--> Bluetooth TX,RX

#define Lamp1 2
#define Lamp2 3
#define Lamp3 4
#define Lamp4 5
#define Lamp5 6
#define Lamp6 7
#define Lamp7 8
#define Lamp8 9

char val;
void setup() {
pinMode(Lamp1,OUTPUT);
pinMode(Lamp2,OUTPUT);
pinMode(Lamp3,OUTPUT);
pinMode(Lamp4,OUTPUT);
pinMode(Lamp5,OUTPUT);
pinMode(Lamp6,OUTPUT);
pinMode(Lamp7,OUTPUT);
pinMode(Lamp8,OUTPUT);
mySerial.begin(9600);
Serial.begin(9600);
}

void loop() {
//cek data serial from bluetooth android App
if( mySerial.available() >0 ) {
val = mySerial.read();
Serial.println(val);
}
//Lamp is on
if( val == '1' ) {
digitalWrite(Lamp1,HIGH); }
else if( val == '2' ) {
digitalWrite(Lamp2,HIGH); }
else if( val == '3' ) {
digitalWrite(Lamp3,HIGH); }
else if( val == '4' ) {
digitalWrite(Lamp4,HIGH); }
else if( val == '5' ) {
digitalWrite(Lamp5,HIGH);}
else if( val == '6' ) {
digitalWrite(Lamp6,HIGH);}
else if( val == '7' ) {
digitalWrite(Lamp7,HIGH);}
else if( val == '8' ) {
digitalWrite(Lamp8,HIGH);}
else if( val == '9' ) {
digitalWrite(Lamp1,HIGH);
digitalWrite(Lamp2,HIGH);
digitalWrite(Lamp3,HIGH);
digitalWrite(Lamp4,HIGH);
digitalWrite(Lamp5,HIGH);
digitalWrite(Lamp6,HIGH);
digitalWrite(Lamp7,HIGH);
digitalWrite(Lamp8,HIGH);
}
//Lamp is off
else if( val == 'A' ) {
digitalWrite(Lamp1,LOW); }
else if( val == 'B' ) {
digitalWrite(Lamp2,LOW); }
else if( val == 'C' ) {
digitalWrite(Lamp3,LOW); }
else if( val == 'D' ) {
digitalWrite(Lamp4,LOW); }
else if( val == 'E' ) {
digitalWrite(Lamp5,LOW);}
else if( val == 'F' ) {
digitalWrite(Lamp6,LOW);}
else if( val == 'G' ) {
digitalWrite(Lamp7,LOW);}
else if( val == 'H' ) {
digitalWrite(Lamp8,LOW);}
else if( val == 'I' ) {
digitalWrite(Lamp1,LOW);
digitalWrite(Lamp2,LOW);
digitalWrite(Lamp3,LOW);
digitalWrite(Lamp4,LOW);
digitalWrite(Lamp5,LOW);
digitalWrite(Lamp6,LOW);
digitalWrite(Lamp7,LOW);
digitalWrite(Lamp8,LOW);
}
}
Jika anda berminat untuk belajar saya dapat menyediakan peralatan dan komponen untuk anda order, Anda dapat menghubungi saya di fanpage Belajarrobot.
Kamu SUKA Artikel ini?
Memprogram arduino bluetooth hc 05 kendali Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya