Jenis-jenis Mikrokontroler yang umum digunakan

Belajarrobot: Jenis-jenis Mikrokontroler yang umum digunakan - Beberapa jenis mikrokontroller saat ini sudah banyak mengalami perkembangan yang sangat siknifikan sekali, perubahan yang sangat terlihat jelas adalah penggunaan program aplikasi yang memudahkan user untuk memprogram mikrokontroller dengan bahasa pemrograman yang sangat mudah di pahami seperti C, Basic, Java dan masih banyak lagi di bandingkan dengan dahulu yang menggunakan bahasa asembler yang menurut saya cukup rumit sekali. begitu juga di bagian hardware sekarang memiliki kemampuan yang luar biasa dengan memori yang cukup besar sehingga mampu menyimpan program yang banyak dan dapat di baca, di hapus, dan di isi program hingga ribuan kali. berikut ini adalah beberapa jenis mikrokontroller yang umum di gunakan:


Mikrokontroler Keluarga MCS51

Mikrokontroler ini termasuk dalam keluarga mikrokonrroier CISC. Sebagian besar instruksinya dieksekusi dalarn 12 siklus clock. Mikrokontroler ini berdasarkan arsitektur Harvard dan meskipun awalnya dirancang untuk aplikasi mikrokontroler chip tunggajl, sebuah mode perluasan telah mengizinkan sebuah ROM luar 64 KB dan RAM luar 64 KB diberikan alamat dengan cara jalur pemilihan chip yang terpisah untuk akses program clan rnemori data. Salah satu kemampuan dari mikrokontroler 8051 adalah pemasukan sebuah mesin pemroses boolean yang mengizinkan operasi logika boolean tingkatan-bit dapat dilakukan secara langsung dan secara efisien dalam register internal dan RAM. Karena itulah MCS51 digunakan dalam rancangan awal PLCZ (Programmable Logic Control).

Mikrokontroler AVR

Mikrokontroler Alv and Vegard’s Risc processor atau sering doisingkat AVR merupakan mikrokontroler RISC 8 bit. Karena RISC inilah sebagian besar kode instruksinya dikemas dalam satu siklus clock. AVR adalah jenis mikrokontroler yang paling sering dipakai dalam bidang elektronika dan instrumentasi. Secara umum, AV R dap-at dikelompokkan dalam 4 kelas. Pada dasarnya yang membedakan masing-masing kelas adalah memori, periferal dan fungsinya. Keempat kelas tersebut adalah keluarga ATTiny, keluarga AT9OSxx, keluarga AT1\/Iega, dan AT86RFxx,

Mikrokontroler PIC

Pada awalnya, PIC merupakan kependekan dari Programmable Interface Controller. Tetapi pada perkembangannya berubah men- jadi Programmable Intelllgent Computer. PIC termasuk keluarga mikrokontroler berarsitektur Harvard yang dibuat oleh Microchip Technology. Awalnya dikembangkan oleh Divisi Mikroelektronik General Instruments dengan nama PIC164O. Sekarang Microhip telah mengumumkan pembuatan PIC-nya yang keenam PIC cukup populer digunakan oleh para developer dan para penghobi ngoprek karena biayanya yang rendah, ketersediaan dan penggunaan yang luas, database aplikasi yang besar, serta pemrograman (dan pemrograman ulang) melalui hubungan serial pada komputer.

Mikrokontroler Arduino

Arduino adalah kit elektronik atau papan rangkaian elektronik open source yang di dalamnya terdapat komponen utama, yaitu sebuah chip mikrokontroler dengan jenis AVR dari perusahaan Atmel.

Mikrokontroler ARM Cortex-MO

ARM adalah prosesor dengan arsitektur set instruksi 32bit RISC (Reduced Instruction Set Computer) yang dikembangkan oleh ARM Holdings. ARM merupakan singkatan dari Advanced RISC Machine (sebelumnya lebih dikenal dengan kepanjangan Acom RISC Machine).

Baca juga:
Spesifikasi dan Pengertian mikrokontroler arduino uno
Memprogram arduino bluetooth hc 05 kendali Android

Demikian lah artikel ini sya buat untuk memaparkan jenis-jenis mikrokontroller yang dapat kamu pilih dalam proses belajar robotika. Arduino juga sangat popular di masa sekarang ini selain Mikrokontroler AVR, sangat mudah dalam pemrogramman dan dengan kombinasi beberapa sensor sehingga menjadi peralatan yang dapar bermanfaat bagi kehidupan sekitar kita, semoga bermanfaat.
Kamu SUKA Artikel ini?
Jenis-jenis Mikrokontroler yang umum digunakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mrpujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya