Akurasi Program Sensor Ping Dengan Bascom avr

Belajarrobot: Akurasi Program Sensor Ping Dengan Bascom avr - Ping adalah sensor ultrasonik yang di produksi oleh paralax memiliki akurasi dan kualitas yang sangat bagus di bandingkan sensor ultrasonik buatan china seperti HC-SR04. pada kesempatan ini saya akan memberikan tutoral pemrograman sensor ping paralax secara benar dengan akurasi 99% menggunakan BASCOM AVR.


Sebelum saya lanjutkan dalam pembuatan program, saya akan sedikit menjelaskan cara kerja sensor ultrasonik.Sosor ultrasonik adalah bekerja dengan suara ultrasonik dengan suara frekuensi kisaran 40 kHz, dengan suara yang di pancarkan tersebut kita dapat menghitung jarak objek terhadap sensor, yang di pancarkan oleh sensor ultrasonik ping dengan mengetahui cepat rambat suara yang memantul dari sebuah objek dan kembali lagi ke sensor dengan menggunakan persamaan kecepatan suara di udara 340m/s atau 29us/cm.

Sehingga dengan persamaan tersebut kita dapat menghitung jarak sebenarnya menggunakan sensor tersebut, data yang kita dapatkan untuk menghitung jarak adalah jumlah waktu yang di dapat dari suara yang di pantulkan ke objek sehingga sampai di sensor jadi untuk mengetahui jarak sebenarnya yaitu jarak tempuh di bagi 2.
Dengan menggunakan mikrokontroller atmega16/atmega8535 dengan kristal 8Mhz dan set prescaller 8 akan membuat pewaktu menggunakan timer tepat 1 micro detik dan ping berada di PORTA.0 dan LCD berada di PORTC, dan beriku ini adalah program saya lampirkan.

$regfile = "m16def.dat"
$crystal = 8000000
$baud = 9600

Config Lcdpin = Pin , Db4 = Portc.4 , Db5 = Portc.5 , Db6 = Portc.6 , Db7 = Portc.7 , E = Portc.2 , Rs = Portc.0
Config Lcd = 16 * 2

Dim Jarak As Word
Config Timer1 = Timer , Prescale = 8

Cls
main:
Gosub Sensor_ping
Locate 1 , 1
Lcd "jarak: " ; Jarak ; "cm"
Waitms 100
Cls
Goto main

'Baca sensor ping
Sensor_ping:
Ddra.0 = 1
Porta.0 = 1
Waitus 5
Porta.0 = 0
'Waitus 10
Ddra.0 = 0
Porta.0 = 1
Bitwait Pina.0 , Set
Jarak = 0
Timer1 = 0
Start Timer1
Do
If Pina.0 = 0 Then
Jarak = Timer1
Jarak = Jarak / 58
Stop Timer1
Exit Do
End If
If Tifr.2 = 1 Then
Stop Timer1
Tifr.2 = 1
Jarak = 0
Exit Do
End If
Loop
Stop Timer1
Return
Kamu SUKA Artikel ini?
Akurasi Program Sensor Ping Dengan Bascom avr Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya