Mengenal Robotino untuk lomba mobile robot LKS SMK

belajarrobot: Mengenal Robotino untuk lomba mobile robot LKS SMK - Lomba Keterampilan Siswa SMK atau bisa kita sebut sebagai lomba LKS untuk kalangan pelajar SMK adalah sebuah ajang promosi kompentensi siswa menengah kejuruan yang diselenggarakan oleh direktorat pembinaan sekolah menengah kejuruan yang meliputi berbagai kategori lomba sesuai dengan jurusan seperti Elektronika, Mesin, Bangunan, TKJ, Tata busana, Tata boga dan masih banyak lainnya.

Beberapa tahun terakhir ini telah ada kategori untuk robotika industri dalam perlombaan LKS tingkat nasional bidang lomba mobile robotic. ketika saya membaca dan mempelajari TOR atau Panduan untuk kategori lomba ini saya sedikit kebingunan karena robot yang digunakan dalam perlombaan tersebut sudah disediakan oleh panitia penyelenggara. Robot yang disediakan adalah jenis robot Mobile yaitu Robotino yang di produksi oleh perusahaan festo dan paniatia memberikan refrensi untuk mengunduh dan mempelajri program Robotino tersebut menggunakan program Robotino View yang mengacu pada website festo www.festo-didactic.com .

Bentuk mobile robot - Robotino dari festo
Bentuk mobile robot - Robotino dari festo
Sungguh mengejutkan ketika saya penulis blog ini yang juga akan memberikan pelatihan kepada siswa smk dari salah satu sekolah kejuruan di lampung, mencari refrensi tentang robot tersebut ternyata harganya cukup mahal sekali sekitar 10 ribu dolar kanada yang saya lihat di roboshop. dengan demikian saya memutuskan untuk belajar secara simulasi dan saya mencari program simulasinya yang dapat di unduh di website festo atau dapat melalui wiki open robotino wiki.openrobotino.org yang juga banyak terdapat refrensi dan program tentang Robotino, tidak memiliki robot tidak masalah karena masih bisa belajar dan robotnya pun juga sudah disediakan oleh panitia penyelenggara saat perlombaan berlangsung nanti.

tampilan program robotino vew leader diagram
tampilan program robotino vew leader diagram
tampilan program robotino simulator
tampilan program robotino simulator
Spesikasi robotino:
Berikut ini beberapa spesifikasi robotino adalah: pemrograman dapat menggunakan leader diagram, Robotino memiliki 3buah roda omniwell yang memungkinkan robot dapat bergerak dan bernafigasi lebih bagus dapat bergerak kesegala arah dan dapat berputar, menggunakan camera sebagai sensor yang dapat mendeteksi objek dengan image prosesing yang sangat akurat, memiliki beberapa sensor obstakel infra merah yang terdapat di berbagai sisi, dapat mengaktifkan fungsi odometri untuk pemetaan bernafigasi dengan perhitungan langkah roda dan masih banyak lagi fungsi lain seperti komunikasi menggunakan wifi.
Kamu SUKA Artikel ini?
Mengenal Robotino untuk lomba mobile robot LKS SMK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya