Power suplay 5v yang stabil untuk microcontroller Atmega

Belajar robot: Power suplay 5v yang stabil untuk microcontroller - Hal terpenting dalam membuat sebuah rangkaian elektronika adalah power suplay karena tanpa power suplay yang stabil khususnya untuk keperluan microcontroller akan berakibat fatal. Pada beberapa percobaan yang saya lakukan di workshop tempat saya berkreasi saya mendapatkan beberapa masalah pada minimum sistem microcontroller robot yang sudah saya rakit dengan rapi, secara desain saya merasa sudah sangat perfek namun pada kenyataan saat praktek terdapat beberapa kendala yang sangat membingungkan dan bahkan saya sendiripun sampai menyalahkan beberapa komponen yang tidak layak pakai.

Baiklah sekarang saya akan menyebutkan beberapa kendala dan penyelesaian masalahnya yang saya alami tentang power suplay regulator yang tidak stabil, pada rangkaian yang saya buat menggunakan regulator ic LM7805.

Permasalahan regulator pada microcontroller

Saat awal saya menggunakan sismin microcontroller milik saya tidak terdapat masalah karena mungkin saya menggunakan microcontroller atmega 16 yang low voltage yang dapat bekerja sampai tegangan drop 2,5volt. Permasalahan kini menghampiri setelah menggunakan microcontroller atmega yang baru saja saya pesan yaitu Atmega16A, dengan menggunakan atmega jenis ini robot yang saya rakit yaitu line follower tidak dapat bekerja dengan baik di karenakan sistem nya sering terjadi restart yaitu seperti terjadi tegangan drop.

Mengulik masalah yang terjadi, biasanya tegangan drop terjadi saat motor bekerja dan terjadi tegangan balik dari motor, hanya dengan menambahkan 2 buah kapasitor 100nf pada kutup negatif positif dan ground pada motor hal tersebut dapat mengurangi gangguan yang menyebabkan tegangan drop, namun untuk kasus ini motor bukan penyebab utamanya. kemudian saya beralih ke lcd yang biasanya type lcd yang saya gunakan juga dapat menyebabkan tegangan drop dan setelah LCD kemudian motor saya lepaskan dari koneksi rangkaian kini saya mengecek tegangan yang masuk untuk suplay microcontrollernya dan ternyata terjadi kejanggalan, yang seharusnya regulatorr LM7805 dapat memberikan tegangan stabil 5v namun untuk kasus ini hanya mensuplay 4.5v saja.

Belum cukup sampai disitu saja saya menelusuri dari kesalahan board yang saya buat dan saya masih saja mencari penyebabnya, kemudian saya melepaskan ic micro nya dan mengukur tegangannya kembali dengan menggunakan multimeter ternyata tegangannya normal yaitu 5v, dari sini saya sempat menyimpulkan bahwa ic micro yang saya gunakan berbeda spesifikasinya dan saya menggunakan ic micro yang pernah saya gunakan sebelumnya dan normal saat digunakan dengan board jenis yang sama, namun apa yang terjadi setelah saya mengukur tegangannya? tegangan yang keluar dari ic LM7805 adalah 4.5v dan kini saya sudah dapat menyimpulkan bahwa kesalahan rangkaian pada powersuply.

Power suplay regulator yang stabil 5volt

rangkaian power suplay regulator 7805 tidak stabil
Gambar 1 rangkaian power suplay regulator 7805 tidak stabil

rangkaian power suplay regulator 7805 stabil 5volt
Gambar 2 rangkaian power suplay regulator 7805 stabil 5volt

Baiklah saya akan menjelaskan powersuplay regulator yang saya buat kemudian saya mengecek kembali antara skematik dan jalur pcbnya,lihat pada gambar1 disitu saya telah salah membuatnya dan perhatikan pada output ic LM7805 tersebut langsung saya hubungkan ke beberapa komponen aktif tanpa adanya filter yaitu capasitor baik itu elco ataupun bipolar yang berakibat tegangan drop menjadi 4.5v saat digunakan untukmemberikan suplay ke komponen aktif seperti microcontroller. ternyata dengan tidak terpasangnya komponen pasif 1 saja dapat berakibat fatal hingga saya harus meneliti kesalahan satupersatu. peran kapasitor memang sangat penting dalam membuat rangkaian powersuplay regulator yaiutu berfungsi sebagai filter, dan kini saya memperbaiki rangkaian regulatornya dengan menambahkan kapasitor elco 100uf pada bagian output ic 7805 lihat pada gambar2 sehingga rangkaian yang saya buat dapat memberikan tegangan yang stabil 5v dan dapat bekerja dengan sangat baik tanpa terjadi restart lagi pada microcontrollernya.
Semoga bermafaat dan saya akan kembali dengan berbagai informasi dan tutorial yang tentunya labih menarik.
Kamu SUKA Artikel ini?
Power suplay 5v yang stabil untuk microcontroller Atmega Rating: 4.5 Diposkan Oleh: pujar

0 comments:

Post a Comment

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya