Membuat Design PCB Auto routing dengan Diptrace

Membuat Design PCB Auto routing dengan Diptrace
Membuat Design PCB Auto routing dengan Diptrace
PCB merupakan salah satu komponen utama dalam elektronika ataupun robotika, karena PCB lah yang berperan dalam penempatan komponen-komponen aktif lainnya. Walau sudah banyak modul-modul breadboard PCB yang sudah jadi lengkap dengan komponen namun kita juga paling tidak bisa membuat PCB sendiri atau dengan kata lain handmade.

pada kesenpatan ini saya akan memberikan sedikit tutorial bagaimana mendesain PCB menggunakan Diptrace dengan cara Auto routing singgle layer dan double layer. dalam praktek ini saya menggunakan Diptrace v2.2.0.9 sehingga apa anda mengikuti tutorial yang saya buat anda tidak kebingungan saat menggunakan diptrace dengan versi yang lain.

ada beberapa trik agar proses desain PCB secara auto routing dapat menghasilkan desain yang mendekati sempurna maka ada sedikit setup yang harus kita atur di antara seperti berikut ini.

Route Setup Trace:
trace width = 0,2mm - 0,5mm
trace clearance = 0,3 - 1mm

trace width adalah lebar/tebal jalur PCB, sedangkan trace clearance adalah jarak minimum antara 2 jalur, jika setingan melebihi yang nilai di atas maka proses auto routing tidak dapat memproses secara maksimal.

Route Setup Via:
outer diameter: 0,8mm - 1mm
hole diameter: 0.2mm - 0,5mm

Via merupakan lubang penghubung antara jalur bagian bawah dan jalur bagian atas jika menggunakan desain double layer, untuk di indonesia sepertinya hole via dengan diameter 0,2mm belum tersedia di tempat percetakan PCB, jika anda ingin menggunakan jasa cetak PCB di indonesia maka ukuran lubang via/ hole via adalah 0,5mm-0,8mm.

Berikut ini adalah video tutorial bagaimana membuat desain PCB secara otomatis / auto routing menggunakan diptrace:

Kamu SUKA Artikel ini?
Membuat Design PCB Auto routing dengan Diptrace Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mrpujar

2 comments:

Anda tidak dapat menggunakan beberapa tag HTML
seperti <b>, <i>, <a>, <p> dan lainnya